Thursday, May 23, 2013

Fakta Tentang Jenis Roket Untuk Perang


Roket selain digunakan untuk ilmu pengetahuan sisi lain adalah sebagai senjata perang suatu negara. Setiap negara berlomba-lomba membuat roket yang super canggih mulai dari negara super maju hingga negara berkembang. Roket yang sering kita jumpai sering dipakai perang adalah ketika yang terjadi di Palestina. Hampir konflik berkepanjangan tidak pernah selesai kedua bangsa ini yaitu Palestina dan Israel.

Lalu seperti apa roket yang di luncurkan Palestina ke daerah israel, kita akan melihat bentuknya mulai dari peluncuran hingga jatuhnya sangat dahsyat memporakporandakan daerah sasaran. Roket untuk senjata biasa orang menyebut rudal fakta inilah yang sejauh kita pahami. Sebelum jauh mengenal tentang roket apa itu pengertian dari kata tersebut mari kita kupas terlebih dulu.

Roket merupakan wahana luar angkasa, peluru kendali, atau kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket. Aksi dari keluaran dalam ruang bakar dan nozle pengembang, mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar untuk roket (sebanding dengan reaksi balasan sesuai dengan Hukum Pergerakan Newton ke 3). Seringkali definisi roket digunakan untuk merujuk kepada mesin roket.
Roket bermula untuk penggunaan militer dan rekreasi pada abad ke-13 masehi ketika masih era perang sebelum perang dunia meletus. Penggunaan roket secara intensif untuk militer, industri dan ilmu pengetahuan dimulai pada awal abad ke-20, dimana teknologi peroketan mampu mengantarkan umat manusia menuju Era ruang angkasa, termasuk mengantarkan manusia menginjakan kakinya ke bulan.
Roket digunakan untuk kembang api, persenjataan, kursi penyelamat, kendaraan peluncur untuk Satelit buatan, kendaraan luar angkasa, dan eksplorasi ke planet lain. Walaupun kurang efisien dikecepatan rendah, roket mampu memberikan akselerasi luar biasa dan mencapai kecepatan sangat tinggi dengan efisiensi yang bisa diterima.
Roket kimia menyimpan sejumlah besar energi dalam bentuk yang mudah dilepaskan dan bisa sangat berbahaya, tetapi desain, tes, pembuatan dan penggunaan yang berhati hati bsia meminimalkan resiko. Ukuran Roket berbeda dari model kecil yang bisa dibeli sebagai kembang api, atau roket hobi, sampai yang berukuran besar Saturn V yang digunakan untuk program Apollo.
Kebanyakan roket saat ini adalah roket kimia yang berkembang sangat pesat di setiap negara yang membuatnya. Mesin roket ini memerlukan bahan bakar padat atau cair, seperti bahan bakar cair Booster/penguat Pesawat ulang-alik dan mesin utamanya yang digunakan untuk melepaskan diri dari gravitasi bumi. 
Reaksi kimia dimuali di ruang bakar dengan bahan bakar (dengan udara atau oksigen bila di ruang angkasa) dan gas panas yang dihasilkan mengalir dengan tekanan tinggi keluar melalui saluran yang menuju ke arah belakang roket. Tekanan gas yang menyembur keluar inilah yang menghasilkan gaya dorong bagi roket sehingga roket dapat bergerak maju atau ke atas.
Beberapa nama Roket Palestina GRAD, M-75, M-107, Cornait dan Fajar 5 
Bentuk Roket


Roket Hamas


Roket Pasukan Hamas


Struktur Roket


Bagian Roket
Tentara Hamas Pasang Roket

No comments:

Post a Comment