Thursday, May 23, 2013

9 Pantai Terpopuler di Indonesia

Indonesia lebih dikenal negara maritim karena banyak pulau dan lautan yang membentang sehingga memiliki keindahan laut yang eksotis. Untuk anda dan keluarga jika ingin berlibur disuatu tempat jangan lupa untuk mengunjungi pantai yang sangat populer ini. Lalu pantai mana sajakah yang mendapat predikat sebagai pantai terpopuler di Indonesia? Berikut adalah 9 pantai terpopuler di Indonesia yang dapat Anda kunjungi sebagai alternatif tempat berlibur.
1. Pantai Kuta
Pantai Kuta Bali
Adakah yang tidak mengenal keindahan pantai ini? Ya, pantai yang berada di wilayah Kabupaten Badung ini memang sangat masyhur keindahannya. Pantai ini menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali. Pantai Kuta dikenal sebagai pantai matahari terbenam karena di kala senjalah pemandangan terindah nan romantis pantai ini dapat dinikmati. Pesona pantai ini juga muncul dari hamparan pasir putih bersih dan pantai yang lebar.
2. Pantai Bunaken
Pantai Bunaken
Reputasi Pulau Bunekan sebagai salah satu wilayah yang memiliki pemandangan alam bawah laut terindah di dunia memang sudah sangat populer. Namun, untuk para pengunjung yang tidak ingin menyelam untuk menikmati keindahan taman laut yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken, panorama pantai Bunaken pun sedemikian memikat. Pulau Benaken berada di sebelah utara Pulau Sulawesi dan merupakan bagian dari wilayah Provinsi Sulawesi Utara.  
 3. Pantai Sengigi
Pantai Sengigi
Pantai Senggigi berada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terumbu karang yang menjulang ke tengah membuat ombak besar pecah ketika masih di tengah, jadilah ombak yang tenang. Ombak tenang dan pantai yang landai menjadikan tempat ini menyenangkan untuk berenang.
Matahari menjelang tenggelam, sinar keemasannya memantul begitu sempurna di permukaan laut. Hingga terciptalah pemandangan yang sedemikian dahsyat keindahannya. Setengah jam berjalan kaki, para pengunjung akan menemukan Batu Bolong, yaitu sebuah pura yang didirikan di atas batu karang di pinggir pantai. Di tempat ini, terlihat Gunung Agung yang berada di Pulau Bali.
4. Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran berada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pantai Pangandaran merupakan pantai terbaik di Pulai Jawa versi AsiaRooms. Selain menikmati keindahannya yang memikat, di pantai ini, pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenan dari tempat yang sama. Pantainya yang landai juga cocok untuk melakukan kegiatan berenang. 
5. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung
Pantai Plengkung berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pemandangan yang elok dan ombaknya yang tinggi, mencapai 4-5 meter, menjadikan pantai ini impian para penggemar olahraga selancar.
Pantai Pengklung dikepung oleh hutan dan dijuluki sebagai surga kesunyian. Jadi, selain menikmati keindahan pantai, di tempat ini pengunjung juga dapat menjelajah hutan dan melihat berbagai satwa di dalamnya.
6. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Pantai ini berada di wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Hamparan bebatuan di pantai di bak dekorasi alam yang makin menyempurnakan keindahannya. Hamparan pasir putih dan pesona matahari terbit adalah daya pikat lain dari pantai ini.  
7. Pantai Natsepa
Pantai Natsepa
Pantai Natsepa berada di Pulau Ambon, Maluku Tengah. Hamparan pasir putih dan keindahan panorama senja menjadi daya tarik pantai ini. Rujak Natsepa yang merupakam kuliner khas wilayah ini, menjadikan liburan di pantai Natsepa terasa makin menyenangkan. 
8. Pantai Tablanusu
Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu berada di wilayah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Perbukitan dengan rumput menghijau di pinggir pantai, menciptakan pemandangan yang indah di pantai ini. Keunikan pantai ini terletak pada hamparan kerikil di tepinya. Pantai Tablanusu tidak berpasir sebagaimana umumnya, tetapi pinggirannya tertutup kerikil yang jika diinjak akan memunculkan bebunyian yang unik.
9. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta. Pantai ini tidak dapat dipisahkan dari legenda Ratu Kidul. Pantai Parangtritis diyakini banyak orang Jawa sebagai pintu gerbang menuju kerajaan milik penguasa laut selatan tersebut.
Pantai Parangtritis menampilkan pemandangan terbaiknya pada sore hari, menjelang matahari kembali ke peraduan. Permaduan langit senja yang kemerahan, permukaaan air yang memantulkan bayang matahari berwarna keemasan, dan suasana yang remang-ramang, sungguh mampu menggetarkan jiwa-jiwa yang romantis.
Di pantai Parangtritis terdapat sebuah tebing bernama Tebing Gembirawati. Dari atasnya, pengunjung dapat melihat ke segenap penjuru pantai, dengan ombaknya yang bergulung-gulung tinggi khas pantai selatan. Di ujung timur pantai Parangtritis, terdapat gugusan karang yang sedemikian indah.

Sumber informasi dikutip dari berbagai sumber 

No comments:

Post a Comment