Saturday, May 25, 2013

20 Fakta Menarik Tentang Indonesia

Berikut ini adalah 20 Fakta Tentang Indonesia, ternyata banyak hal yang belum kita ketahui loh, simak selengkapnya berikut ini
Fakta 1
Stadion Senayan di Jakarta, Indonesia, adalah stadion terbesar di seluruh dunia ketika selesai pada tahun 1962 untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Kapasitas yang dapat menampung sampai dengan 100.000 orang.
Fakta 2
Komodo (Varanus komodoensis) ditemukan di Indonesia adalah kadal terbesar di dunia, mereka bisa tumbuh hingga 3 meter (9,8 kaki) panjang.
Fakta 3
Bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi, berat 7 kg (15 pon) dan hanya tumbuh di pulau Sumatera Indonesia. Kelopaknya tumbuh 0,5 meter (1,6 kaki) panjang dan 2,5 cm (1 inci) tebal.
Fakta 4
Menurut Global Corruption Report tahun 2004, mantan Presiden Indonesia Soeharto adalah nomor satu CEO paling korup di dunia.
Fakta 5
Indonesia adalah penduduk muda terbesar di dunia dengan 165 juta anak-anak di bawah usia 30 di mana hanya 8% yang berusia di atas 60 tahun (nasional Biro statistik, Agustus 2001, dikutip dalam Post harian berbahasa Inggris “The Jakarta “, Agustus 2001).
Fakta 6
Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia (sekitar 85.000 km)
Fakta 7
Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.
Fakta 8
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 18.000 pulau.
Fakta 9
Indonesia adalah produsen dan eksportir terbesar LNG (gas alam cair) di Dunia, memasok lebih dari 40 persen dari pasar dunia dan merupakan produsen dunia terbesar ketujuh dari gas alam
Fakta 10
Menurut Transparency International, Indonesia adalah negara kesebelas paling korup di dunia. (Sumber: Transparency International 2003)
Fakta 11
Dolly, nama dari pusat prostitusi perempuan (red light district) yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, merupakan pusat prostitusi terbesar yang pernah didirikan di Asia Tenggara yang memiliki lebih dari 2.000 pelacur perempuan di satu lokasi terpusat.
Ya, itu lebih besar daripada tempat-tempat di Thailand dalam hal satu lokasi terpusat
Fakta 12
Indonesia adalah negara (4) keempat terpadat di dunia dengan sekitar 224 juta orang (Sumber: US Department of State Biro Asia Timur & Pasifik Urusan Mei 2005 data) … sekarang entah deh berapa, pasti nambah banyak zzzzzz…..
Fakta 13
Freeport Grasberg tambang di Papua Barat pulau, Indonesia, adalah tambang emas terbesar di dunia. Selain itu, juga tambang tembaga ketiga terbesar di dunia.
Fakta 14
Danau Toba adalah: Danau Terbesar di Asia Tenggara, Danau Sepanjang Tahun Terbesar di Asia Tenggara, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia
Fakta 15
Candi Borobudur di Jawa Tengah, Indonesia, adalah kuil budha terbesar di Dunia, yang dibangun pada abad ke-9, dan dianggap sebagai salah satu Keajaiban Dunia yang terlupakan.
Ketinggian keseluruhan adalah 42 meter, namun hanya 34,5 meter setelah restorasi, dan memiliki dimensi 123 x 123 meter (15.129 meter persegi). Ada 10 lantai. Lantai pertama hingga lantai enam adalah bentuk persegi, ketujuh ke lantai kesepuluh berbentuk lingkaran.
Borobudur menghadap ke Timur dengan total dari 1460 panel (2 meter lebar masing-masing). Ukuran total dari dinding candi adalah 2500 meter persegi. Jumlah total panel adalah 1212. Menurut investigasi, jumlah patung Buddha adalah 504 termasuk patung utuh dan rusak.
Fakta 16
Pulau terbesar kedua, ketiga, dan keenam di dunia berada di Indonesia. Nugini (seluruh pulau, termasuk Papua Barat dan Papua New Guniea) adalah yang terbesar kedua, Kalimantan juga dikenal sebagai Kalimantan (seluruh pulau, termasuk Brunei dan Malaysia Serawak) adalah yang ketiga terbesar, sedangkan pulau Sumatera merupakan yang terbesar keenam dan terletak seluruhnya di Indonesia
Fakta 17
Tahun 1292 Marco Polo asal Venesia, Italia, mengunjungi Aceh, di Sumatera Utara, Indonesia, dalam perjalanan kembali dari Cina ke Persia dan melaporkan bahwa bagian utara pulau memiliki sebanyak enam port perdagangan sibuk termasuk Perlak, Samudera dan Lambri.
Ya, ini adalah Aceh sama seperti provinsi Indonesia yang hampir sepenuhnya dihapuskan dari muka bumi oleh Tsunami baru-baru ini yang melanda Asia Tenggara pada bulan Desember 2004.
Fakta 18
Bunga paling bau di Bumi disebut bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) yang dapat tumbuh hingga ketinggian rata-rata dua meter (6,5 kaki) ditemukan di Indonesia. Ketika mekar, ia melepaskan bau yang sangat busuk sebanding dengan daging busuk, yang dapat berbau setengah mil jauhnya. Bunga ini juga dikenal sebagai “lidah setan.” Ini pada awalnya ditemukan pada tahun 1878 di hutan hujan Sumatera bagian tengah pulau, oleh ahli botani Italia dan explorer Dr Oroardo Beccari (Sumber: Guinness Book of World Record).
Fakta 19
Ular terpanjang yang pernah ditemukan berada di Sulawesi, Indonesia pada tahun 1912. Itu adalah Phyton (Pytho reticulates) dari Asia Tenggara. Panjang record adalah 10 M (atau sekitar 32 ft 9,5 in) (Sumber: Guinness Book of World Record).
Fakta 20
Jakarta adalah kota paling tercemar di dunia KETIGA, setelah Bangkok dan Mexico City (Sumber dari sebuah artikel di The Jakarta Post 06 Mei 2005) …. piye nih pak Jokowi?

No comments:

Post a Comment